Contoh Soal Pemeliharaan Sistem Suspensi (soal Materi Sasis)

 1.      Kondisi yang terjadi pada kendaraan sesuai gambar adalah ….

A.           Bounching dan Yawing

B.            Pitching dan Rolling

C.            Yawing  dan Pitching

D.          Rolling dan Yawing

E.           Pitching dan Bounching


2.       Perhatikan fungsi suspensi dibawah ini

a)     Dapat meningkatkan kenyamanan berkendara.

b)    Menopang body pada axle dengan roda kendaraan.

c)     Meredam/meminimalkan  getaran,kejutan dan goncangan berlebih pada bagian sasis

d)    Meningkatkan Stabilitas berkendara.

e)    Meneruskan gaya pengereman dari roda untuk diteruskan ke bodi kendaraan.

Dari fungsi suspensi diatas manakah yang termasuk fungsi suspensi berdasarkan konstruksi adalah…

A.                  a) , b) , c)

B.                  b) , c) , d)

C.                  c) , d) , e)

D.                  b) , c) , e)

E.                   b) , d) , e)


3.     Ketika kendaraan melalui jalan bergelombang,efek apakah yang terjadi pada bagian Sprung dan Unsprung ?

A.                   Hopping, Yawing

B.                   Trumping, Pitching

C.                  Wind Up, Rolling

D.                  Bounching, Hopping

E.                   Wind up dan Bounching 


4.                   Karakteristik pegas

a)    Langkah pemegasan panjang

b)    Dapat dibuat pegas lembut

c)     Dapat menerima momen puntir
Tipe pegas yang memiliki karakteristik di atas adalah ….

A.    Coil Spring dan Torsion Spring

B.    Leave Spring dan Air Spring

C.    Torsion Spring dan Leave Spring

D.    Air Spring dan Leave Spring

E.    Ruber dumper Spring dan Torsion Spring


5.                   Berikut adalah Fungsi dari Stabilisator 1.)Mengurangi efek rolling  2)meredam getaran   3).mengurangi efek pada kendaraan ketika berbelok 4. Mengurangi efek Bounching.

Berdasarkan beberapa pernyataan di atas, fungsi dari stabilisator yang tepat adalah ….

A.            1) dan 2)

B.             1) dan 3)

C.             1) dan 4)

D.            2) dan 3)

E.         2) dan 4)


6.     Pernyataan yang benar dari sistem suspensi dibawah ini adalah, kecuali ….

A.      Suspensi model independent , roda bagian kiri dan bagian kanan tidak terpasang pada satu poros, melainkan terpasang pada masing – masing axle,

B.      Suspensi rigid merupakan jenis suspensi yang konstruksi porosnya dibuat satu poros tunggal antara roda kiri dengan roda kanan,

C.      Kerja Sistem suspensi aktif  diatur dengan Aktuator  yang melakukan pendeteksian berbagai kondisi kendaraan untuk menentukan kebutuhan kerja suspensi

D.      Suspensi Rigid  apabila ada perubahan vertikal ke atas atau ke bawah maka tidak akan saling mempengaruhi roda yang satu dengan yang lain

E.       Suspensi Model Rigid konstruksi porosnya dibuat satu poros tunggal antara roda kiri dengan roda kanan sehingga dapat menahan beban lebih besar


7.       Pernyataan yang tepat mengenai suspense independent adalah

A.      Kualitas pengendaraan dan stabilitas roda kemudi kurang baik.

B.      Konstruksi Sederhana dan  Konstruksi lebih kuat.

C.      Perubahan tread atau sudut chamber yang disebabkan oleh gerakan axle lebih sedikit,

D.      Roda bagian kiri dan bagian kanan tidak terpasang pada satu poros

E.       Ketinggian suspense kendaraan dapat disesuaikan


8. Perhatikan gambar 


Gambar tersebut merupakan jenis dan type suspense….

A.       Rigid : Macpershon dan Wishbone

B.       Independen : Leave Spring  dan Multi Link

C.      Independen : Macpershon dan Wishbone

D.      Rigid : Leave spring dan Multi Link

E.       Suspensi Aktif : Air Spring dan Machpershon


9.     Penyataan yang tidak tepat  dari perbedaan konstruksi antara suspensi type Macpershon dengan  Wishbone adalah ….

    A.      Macpershon menggunakan  Lower Arm

           Wishbone menggunakan Lower Arm

    B.      Macpershon menggunakan  Shock Absorber

           Wishbone menggunakan Shock Absorber

    C.      Macpershon menggunakan  Joint atas

          Wishbone menggunakan Joint atas

    D.      Macpershon menggunakan  joint bawah

           Wishbone menggunakan joint bawah

     E.      Macpershon menggunakan  Stabilizer bar

           Wishbone menggunakan Stabilizer bar

 

10.     Pernyataan dibawah ini merupakan  Pengaturan Peredaman suspense aktif yang tepat adalah

A.             Rough road control, pitching control dan bounching control Merubah damping force dan kelenturan pegas ke medium atau firm untuk menahan terjadinya pitching dan bounching saat melewati jalan yang tidak rata

B.             Anti-squat control  : Merubah damping force dan kelenturan pegas ke mode Firm sehingga menahan bantingan untuk memperbaiki Pengendalian

C.             Anti-roll control Merubah damping force dan kelenturan pegas ke mode Firm. Hal ini menahan “squatting” waktu menambah kecepatan untuk mencegah perubahan postur kendaraan

D.             Anti-dive control. Merubah damping force ke medium dan kelenturan pegas ke Firm pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan kestabilan pengemudian dan pengendalian

E.    high speed control. Merubah damping force dan kelenturan pegas ke Firm sehingga dapat menahan gerakan tukikan hidung kendaraan saat terjadi pengereman



11.     Sistem suspensi terdiri dari beberapa komponen yang saling berhubungan. Part atau bagian komponen tersebut dapat menjadi aus,atau korosi dan perubahan bentuk. pernyataan yang benar dari perawatan sistem suspense dibawah ini adalah,Kecuali….

   A.      Perawatan dapat dilakukan dengan pemeriksaan Komponen

  B.  Perawatan dapat dilakukan dengan pengencangan dengan momen sesuai spesifikasi

  C.  Perawatan dapat dilakukan dengan tujuan masa pakai suspensi dapat lebih lama.

  D.  Perawatan bertujuan agar terhindar dari kerusakan suspensi yang lebih besar

E.  Perawatan dapat dilakukan dengan Membongkar shock absorber


12.      a).  Pemeriksaan kinerja Komponen suspense

b)    Pengencangan sesuai spesifikasi

      c)     Melumasi part

      d)    Membersihkan part

     e)     Penyetelan part

Proses perawatan sistem suspense yang berhubungan dengan baut pengikat komponen suspense adalah

A.      a), b) dan c)

B.      a), b) dan d)

C.      a), b) dan e)

D.      b), c) dan d)

E.       b), c) dan e)

13.     Micromerter, Kunci Momen, Jack stand, Grease Gun, kunci roda  Grease, Majun, pernyataan yang tidak tepat tentang peralatan/bahan  yang dipergunakan

dalam perawatan sistem suspense adalah ….

   A.      Micrometer, Kunci moment, Majun

   B.      Grease, Kunci moment, Majun

   C.      Jack stand, Kunci moment, Majun

   D.      Grease gun, Kunci moment, Majun

E.      Kunci roda/impact, dongkrak, Majun


14.Periksa kinerja dengan cara menekan dengan kuat pada  setiap bagian ujung kendaraan, kemudian lepaskan dengan cepat. Perhatikan gerakan kembalinya bodi kendaraan apakah  berlangsung cepat ataukah lambat dan apakah keras ataukah tidak.

Pemeriksaan diatas merupakan pemeriksaan pada komponen

                     A.      Pegas

                     B.      Shock Absorber

                     C.      Suspension Arm

                     D.      Ball joint

                      E.      Bushing karet


15. 1. Pemeriksaan Pegas daun : kondisi Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem,torsion bar

2) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem, Upper arm,

3) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem,

4) Pemeriksaan Pegas daun: kondisi coil spring , Lengan ayun, U-bolt, lower arm

5) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi Bushing, ball joint, U-bolt, klem,

 Pemeriksaan komponen Pegas daun  yang tepat adalah ….

                     A.      1)

                     B.      2)

                     C.      3)

                     D.      4)

              E.      5)

Komentar

Populer Post

Soal Pilihan Ganda Sistem Pengapian

Materi Hand Tools : Kunci-Kunci (Spanner/Wrench)

Materi Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3)