Contoh Soal Pemeliharaan Sistem Suspensi (soal Materi Sasis)
1.
A. Bounching
dan Yawing
B. Pitching
dan Rolling
C. Yawing dan Pitching
D. Rolling
dan Yawing
E. Pitching dan Bounching
2.
Perhatikan fungsi
suspensi dibawah ini
a)
Dapat meningkatkan
kenyamanan berkendara.
b)
Menopang body pada axle
dengan roda kendaraan.
c)
Meredam/meminimalkan getaran,kejutan dan goncangan berlebih pada
bagian sasis
d)
Meningkatkan Stabilitas
berkendara.
e) Meneruskan gaya pengereman dari roda untuk diteruskan ke bodi kendaraan.
Dari fungsi suspensi diatas manakah yang termasuk fungsi suspensi berdasarkan konstruksi adalah…
A.
a) , b) , c)
B.
b) , c) , d)
C.
c) , d) , e)
D.
b) , c) , e)
E.
b) , d) , e)
3.
Ketika kendaraan
melalui jalan bergelombang,efek apakah yang terjadi pada bagian Sprung dan Unsprung ?
A.
Hopping,
Yawing
B.
Trumping,
Pitching
C.
Wind
Up, Rolling
D.
Bounching,
Hopping
E.
Wind
up dan Bounching
4.
Karakteristik pegas
a)
Langkah pemegasan
panjang
b)
Dapat dibuat pegas
lembut
c)
Dapat menerima momen
puntir
Tipe pegas yang memiliki karakteristik di atas adalah ….
A. Coil Spring dan Torsion
Spring
B. Leave Spring dan Air
Spring
C. Torsion Spring dan
Leave Spring
D. Air Spring dan Leave
Spring
E. Ruber dumper Spring dan
Torsion Spring
5. Berikut adalah Fungsi dari Stabilisator 1.)Mengurangi efek rolling 2)meredam getaran 3).mengurangi efek pada kendaraan ketika berbelok 4. Mengurangi efek Bounching.
Berdasarkan beberapa pernyataan di atas, fungsi dari stabilisator yang tepat adalah ….
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 1) dan 4)
D. 2) dan 3)
E. 2) dan 4)
6. Pernyataan yang benar dari sistem
suspensi dibawah ini adalah, kecuali ….
A. Suspensi
model independent , roda bagian kiri dan bagian kanan tidak terpasang pada satu
poros, melainkan terpasang pada masing – masing axle,
B. Suspensi
rigid merupakan jenis suspensi yang
konstruksi porosnya dibuat satu poros tunggal antara roda kiri dengan roda
kanan,
C. Kerja
Sistem suspensi aktif diatur dengan
Aktuator yang melakukan pendeteksian
berbagai kondisi kendaraan untuk menentukan kebutuhan kerja suspensi
D. Suspensi
Rigid
apabila ada perubahan vertikal ke atas atau ke bawah maka tidak akan saling
mempengaruhi roda yang satu dengan yang lain
E. Suspensi Model Rigid konstruksi porosnya dibuat satu poros tunggal antara roda kiri dengan roda kanan sehingga dapat menahan beban lebih besar
7. Pernyataan
yang tepat mengenai suspense independent adalah
A. Kualitas
pengendaraan dan stabilitas roda kemudi kurang baik.
B. Konstruksi
Sederhana dan Konstruksi lebih kuat.
C. Perubahan
tread atau sudut chamber yang
disebabkan oleh gerakan axle lebih sedikit,
D. Roda
bagian kiri dan bagian kanan tidak terpasang pada satu poros
E. Ketinggian suspense kendaraan dapat disesuaikan
8. Perhatikan gambar
Gambar tersebut merupakan jenis dan type
suspense….
A.
Rigid
: Macpershon dan Wishbone
B.
Independen
: Leave Spring dan Multi Link
C.
Independen
: Macpershon dan Wishbone
D.
Rigid
: Leave spring dan Multi Link
E. Suspensi Aktif : Air Spring dan Machpershon
9.
Penyataan yang tidak tepat dari perbedaan konstruksi antara suspensi type Macpershon dengan Wishbone adalah ….
A. Macpershon menggunakan Lower Arm
Wishbone menggunakan Lower Arm
B. Macpershon menggunakan Shock Absorber
Wishbone menggunakan Shock Absorber
C. Macpershon menggunakan Joint atas
Wishbone menggunakan Joint atas
D. Macpershon menggunakan joint bawah
Wishbone menggunakan joint bawah
E. Macpershon menggunakan Stabilizer bar
Wishbone menggunakan Stabilizer bar
10.
Pernyataan dibawah ini merupakan Pengaturan Peredaman suspense aktif yang
tepat adalah
A.
Rough road control, pitching
control dan bounching control Merubah damping force
dan kelenturan pegas ke medium atau firm untuk menahan terjadinya pitching
dan bounching saat melewati jalan yang tidak rata
B.
Anti-squat control : Merubah damping
force dan kelenturan pegas ke mode Firm sehingga menahan bantingan
untuk memperbaiki Pengendalian
C.
Anti-roll control Merubah
damping force dan kelenturan pegas ke mode Firm. Hal ini menahan
“squatting” waktu menambah kecepatan untuk mencegah perubahan postur
kendaraan
D. Anti-dive control. Merubah damping force ke medium dan kelenturan pegas ke Firm pada kecepatan tinggi untuk meningkatkan kestabilan pengemudian dan pengendalian
E. high speed control. Merubah damping force dan kelenturan pegas ke Firm sehingga dapat menahan gerakan tukikan hidung kendaraan saat terjadi pengereman
11.
Sistem suspensi terdiri dari beberapa
komponen yang saling berhubungan. Part atau bagian komponen tersebut dapat
menjadi aus,atau korosi dan perubahan bentuk. pernyataan yang benar dari perawatan sistem suspense dibawah
ini adalah,Kecuali….
A.
Perawatan dapat dilakukan dengan pemeriksaan
Komponen
B. Perawatan
dapat dilakukan dengan pengencangan dengan momen sesuai spesifikasi
C. Perawatan
dapat dilakukan dengan tujuan masa pakai suspensi dapat lebih lama.
D. Perawatan bertujuan agar terhindar dari kerusakan suspensi yang lebih besar
E. Perawatan dapat dilakukan dengan Membongkar shock absorber
12. a).
Pemeriksaan kinerja Komponen suspense
b) Pengencangan
sesuai spesifikasi
c) Melumasi part
d) Membersihkan part
e) Penyetelan part
Proses perawatan sistem suspense yang berhubungan dengan baut pengikat komponen suspense adalah
A. a), b)
dan c)
B. a),
b) dan d)
C. a),
b) dan e)
D. b),
c) dan d)
E. b), c) dan e)
13. Micromerter,
Kunci Momen, Jack stand, Grease Gun, kunci roda Grease, Majun, pernyataan yang tidak tepat tentang peralatan/bahan yang dipergunakan
dalam
perawatan sistem suspense adalah ….
A.
Micrometer,
Kunci moment, Majun
B.
Grease,
Kunci moment, Majun
C.
Jack
stand,
Kunci moment, Majun
D.
Grease
gun,
Kunci moment, Majun
E. Kunci roda/impact, dongkrak, Majun
14.Periksa kinerja dengan cara menekan dengan kuat pada setiap bagian ujung kendaraan, kemudian lepaskan dengan cepat. Perhatikan gerakan kembalinya bodi kendaraan apakah berlangsung cepat ataukah lambat dan apakah keras ataukah tidak.
Pemeriksaan diatas merupakan pemeriksaan pada komponen
A.
Pegas
B.
Shock Absorber
C.
Suspension Arm
D.
Ball joint
E.
Bushing karet
15. 1. Pemeriksaan Pegas daun : kondisi Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem,torsion bar
2) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi
Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem, Upper arm,
3) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi
Bushing, Lengan ayun, U-bolt, klem,
4) Pemeriksaan Pegas daun: kondisi coil spring , Lengan ayun, U-bolt, lower arm
5) Pemeriksaan Pegas daun : kondisi
Bushing, ball joint, U-bolt, klem,
Pemeriksaan komponen Pegas daun yang tepat adalah ….
A.
1)
B.
2)
C.
3)
D.
4)
E. 5)
Komentar